Sunday, November 24, 2013

3 kata terpenting versi gue

                                                    Tolong, maaf dan terima kasih

         3 kata terpenting dan paling berguna buat ngejalanin hari-hari ke depan. Entah itu buat proses dari cara ngejalaninnya, atau buat timbal balik ke pencitraan lo-nya. Tanpa 3 kata itu, menurut gue, seseorang udah fatal banget. Misal;
         Tolong sama suruh itu sangat berbeda arti dan makna. Dimana ketika lo mengatakan tolong, berarti lo meminta seseorang untuk berbaik hati ngebantuin lo. Dan ketika lo ngga bilang kata 'tolong', berarti lo menyuruh mereka buat ngelakuin apa yang lo minta. Ngebabuin gitulah istilah kasarnya. 
         Dan ini tuh sama artinya dengan lo menjadi bossy ketika lo dibutuhkan buat jadi pemimpin. Bossy dan pemimpin juga beda. Banget. Bossy itu ketika lo hanya menjadikan 'pemimpin' sebagai status, dan berlagak menjadi pemimpin tapi ngga ikut gerak ngelakuin apa yang seharusnya lo lakuin. Sementara pemimpin itu ketika lo bersifat sebagai sebenar-benarnya pemimpin. Mengayomi, merangkul dan ikut bergerak dan ngelakuin apa yang seharusnya lo lakuin. Ngga cuma nyuruh orang buat ngelakuin hal yang lo mau doang. 

Jadi, yang mana yang kira-kira bakal lo terapin di hidup lo?
A. Lebih milih 'tolong' dibanding suruh= pemimpin
B. Lebih milih 'suruh' daripada 'tolong'= bossy

        Begitu pun dengan maaf dan terima kasih. 2 kata yang sarat makna ini, bener-bener ngga boleh lo lupain. Lo lupain; fatal. Lo gengsi buat bilangnya; fatal. Walaupun gue tau,  frekuensi manusia bilang 2 kata ini tuh, ya cukuplah di garis standard lewat dikit. Tapi ketulusan lo ketika nyampeinnya juga bakal berasa banget bedanya, ketika lo bilang maaf atau terima kasih dengan tulus tuh bakal bikin lawan bicara lo ngerasain feel dari ketulusan itu juga. Percaya ngga percaya. 

        Disini, gue ngga bermaksud buat jadi cheesy atau cisi atau cizi, tapi emang bener. Coba deh perhatiin orang-orang sekitar lo! Temuin sifat asli mereka berdasarkan 3 kata diatas. Kata mana yang mereka pake, rasain feel dari cara penyampaian mereka, dan liat deh sifat asli orang-orang sekitar lo tuh sebenarnya apa. Dan ya, ngga usah 'bawel' setelah liat post ini. Kalo ngga suka, ya ngga usah di baca lagi toh?:)




No comments:

Post a Comment