Monday, July 4, 2016

#JuliNgeblog 3: Hi, What's Up and Thank You!

Menyedihkan ketika banyak isu-isu psikologis yang masih taken only as jokes in our society. Padahal faktanya banyak banget orang yang menderita karena masalah-masalah psikologis atau mental illnesses yang kemudian mengantarkan kepada rusaknya kondisi kesehatan jasmani bahkan gak banyak yang akhirnya meninggal gara-gara problem psikologis yang seharusnya bisa disembuhin.

Sebenernya gue pribadi udah dari lama cukup concern dengan isu-isu seperti ini. Berangkat dari kondisi diri sendiri sampai kondisi orang-orang sekitar gue yang setelah gue perhatiin ternyata banyak dari mereka yang sebenernya membutuhkan bantuan. Kebanyakan dari kita masih belum sadar betapa pentingnya mendapatkan afeksi dari orang sekitar dan betapa pentingnya untuk sekedar menghargai kehadiran orang lain.

Menanyakan kabar seseorang merupakan cara paling sederhana untuk membantu mereka merasa dihargai keberadaannya. Berbagi kisah dan cerita merupakan salah satu bentuk kepedulian kita juga. Dengan sesederhana itu, kita bisa membantu seseorang untuk meringkan beban psikologisnya. Jangan malas, malu atau bahkan enggan buat menanyakan kabar tentang seseorang hari ini, karena kamu dibutuhkan oleh mereka. Sedikit kepedulian kamu bisa membantu mereka yang mungkin pada detik ini sedang menangisi suatu hal, atau sedang merasa kehilangan arah, atau mereka yang sedang merasa bahwa mereka tidak dibutuhkan, atau bahkan mereka yang sedang terbesit keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Mungkin terdengar berlebihan, padahal sebetulnya tidak. Faktanya, di dunia ini ada satu jiwa yang pergi setiap 40 detik karena bunuh diri. Penyebab dari bunuh diri itu sendiri ada berbagai macam, mulai dari depresi, kasus bullying, anxiety disorder, insecurity dan lain sebagainya. Sekarang sudah bukan waktunya untuk mengabaikan dan menyepelekan isu ini. Sudah waktunya untuk kita membantu mereka yang membutuhkan, menyadarkan mereka bahwa mereka dibutuhkan dan mereka pantas untuk berbahagia.

Jangan pernah mengolok-olok kekurangan orang lain, sesepele apapun itu. Hargai setiap orang, rangkul mereka. Sapa mereka, tanyakan kabar dan tunjukkan rasa berterimakasih kita kepada mereka.

Hi, what's up and thank you.

Yuk, kita bantu ringankan beban mereka mulai dari hal-hal kecil.
Karena setiap orang berhak merasa dibutuhkan dan dihargai :)

Help, share, care.
#FindHappiness!



No comments:

Post a Comment